Perjalanan Karier Olga Syahputra

artikel image
Presenter Olga Syahputra (Foto: Instagram)
Olga memulai karier dari acara Lenong Bocah
RTV.CO.ID | Oleh: Rohimat Nurbaya, 27 March 2015, 21:23 WIB

Olga Syahputra meninggal di sebuah rumah sakit di Singapura, Jumat 27 Maret 2015, pukul 16.17 WIB di Singapura. Presenter dan komedian tersebut meninggal karena penyakit meningitis.

Olga Syahputra merupakan seorang yang cukup lama berkecimpung di dunia kesenian. Dia memulai karier dari sejak anak-anak melalui sebuah acara yang berjudul 'Lenong Bocah' yang ditayangkan di sebuah stasiun televisi swasta pada 1990 dengan jumlah tayangan mencapai 300 episode.

Setelah sukses, kemudian acara Lenong Bocah diproduksi dengan beberapa nama baru dan tayang di berbagai televisi nasional. Lenong Bocah itu sempat berubah nama menjadi Lenong Bocah Gress, Lenong Bocah Noceng, dan New Lenong Bocah. Para pemain pendukung serial Lenong Bocah ini adalah para anggota dari Sanggar Ananda & Teater Kawula Muda di bawah management dari Smaradhana Pro.

Pada 2004 Lenong Bocah diangkat ke layar lebar dengan judul Tina Toon & Lenong Bocah The Movie, yang disutradarai juga oleh Aditya Gumay. Para artis pendukung film ini adalah Tina Toon, Alifia, Ruben Onsu, Olga Syahputra, Pretty Asmara, Dedi Sharoenk, Ingrid Widjanarko, Aswin Fabanyo, Alicia Djohar, Adenin Adlan.

Meski sudah aktif menjadi seniman sejak dari kecil, tetapi karier pria kelahiran Jakarta, 8 Februari 1983 itu tidak langsung melejit sebagai artis lainnya. Sejak mengikuti sanggar Ananda, Olga Syahputra mulai ditawari bermain film meski hanya peran kecil. Bahkan dia, sempat menjadi asisten Rita Sugiarto.

Sekitar tahun 2001 Olga Syahputra juga sempat ikut dalam acara Talk Show berjudul Ceriwis bersama Indi Barends dan Indra Bekti yang ditayangkan di sebuah stasiun televisi swasta. Pada saat itu Olga hanya berperan sebagai figuran saja dan hanya datang sesekali saja. Bahkan ketika datang pun terkesan kerap menjadi objek penderita dalam acara itu.

Selanjutnya, Olga Syaputra pun mulai mencuat sebagai pembawa acara saat menjadi presenter di acara Ngidam bersama Jeremy Thomas yang tayang di SCTV. Karier Olga Syahputra pun mulai menanjak hingga membuatnya terus kebanjiran tawaran pekerjaan di dunia hiburan.

Olga Syahputra berada di puncak popularitas saat menjadi pembawa acara musik Dahsyat bersama Luna Maya dan Raffi Ahmad pada 2008. Akhirnya, pada saat itu, Luna, Raffi dan Olga pun menjadi ikon trio sekawan dalam acara tersebut. Olga Syahputra bahkan sempat mengajak adiknya bernama Billy Syahputra ikut meramaikan acara tersebut.

Sayangnya pada saat puncak popularitasnya itu, Olga Syahputra didera sakit yang cukup parah. Hampir setahun Olga Syahputra terbaring menjalani perawatan di Rumah Sakit Mount Elizabeth Singapura karena penyakit meningitis. Akhirnya Olga Syahputra menutup mata, Jumat 27 Maret 2015, pukul 16.17 WIB.

Selamat jalan Olga...

  
 



Back to Top

KOMENTAR ANDA