Kisah si Pembuat Alquran Braille

artikel image
Ani Indrawati.
Ani mengalami tunanetra sejak berusia enam bulan.
RTV.CO.ID | Oleh: Stella Maris, 21 July 2015, 00:33 WIB

Ani Indrawati adalah salah satu penyandang tunanetra asal Surabaya, Jawa Timur yang punya mimpi sederhana. Dia ingin bermanfaat bagi orang lain, terutama para penyandang disabilitas tunanetra.

Mimpinya terwujud. Kini wanita berusia 30 tahun menjadi penulis Alquran huruf braille. Bermodal alat khusus mengetik braille, Ani memulai usahanya setelah dia lulus SMA.

Ya, Ani mulai belajar bikin Alquran braille dari Unit Yayasan Pendidikan Tunanetra Islam Indonesia di Surabaya.

"Motivasinya karena sulit bagi saya yang tunanetra mencari pekerjaan yang umum. Dengan membuat Alquran braille saya bisa berguna bagi sesama yang membutuhkan, seperti saya," kata Ani dalam program acara yang tayang di Rajawali Televisi, Tulus.

Ani menjelaskan, dia membuat Alquran ketika ada pesanan. Mereka yang memesan Alquran harus menunggu sekitar empat sampai enam bulan, karena ada perbedaan huruf Arab braille dengan huruf biasa braille.

"Ada sandi-sandinya," kata Ani singkat.

Dengan kondisi yang dialaminya ini, Ani mengaku sangat menikmati setiap proses kehidupannya. Meski hinaan, celaan, acapkali datang silih berganti.

"Kita mendapatkan rizki dan barokah dari Allah dan harus disyukuri, walau dihina saya harus lapang dada. Dengan orang yang menghina, saya mendoakan supaya dia sadar (agar tidak menghina lagi)," kata Ani.

Diketahui, Ani mengalami tunatetra sejak dia berusia enam bulan. Dia bercerita, awalnya wanita berhijab itu mengalami sesak nafas dan dirawat di rumah sakit.

Lantaran salah penanganan medis, mengalami overdosis dari oksigen yang dihirupnya, hingga dia kehilangan penglihatannya sebelah alias low vision.

"Oksigen itu membuat kerusakan saraf sampai dua-duanya mata saya menjadi buta. Tapi Alhamdulillah saya bisa menjalan hidup ini dengan bersyukur," ujar wanita yang juga bekerja sebagai tukang pijit tunanetra itu.

 

Lihat videonya di sini:


  
 



Back to Top

KOMENTAR ANDA