Lima Cara Jitu Menabung

artikel image
gambar celengan toples
Melonjaknya pengeluaran akibat naiknya harga-harga membuat ibu rumah tangga susah untuk menyisihkan uang untuk ditabung setiap bulannya.
RTV.CO.ID | Oleh: amazia regina, 03 December 2015, 11:20 WIB

Di tengah melonjaknya harga berbagai kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya, tentu menyulitkan para ibu rumah tangga untuk menyisihkan sebagian uang untuk menabung.

Biaya semakin banyak, godaan semakin tinggi, mulai dari harga sembako yang makin menaik dan kebutuhan anak-anak belum lagi godaan online shop yang susah untuk dilawan.

Tapi bukan berarti, kebiasaan menabung harus ditinggalkan. Nah ini dia ada 5 cara jitu untuk ibu rumah tangga yang ingin menabung tiap bulan :

1. Catat pengeluaran kemudian tentukan apa yang bisa di kurangi

Ibu rumah tangga harus tahu mana yang bisa di kurangi, agar lebih mudah buatlah daftar kebutuhan, setelah mengetahui daftar kebutuhan yang menjadi pengeluaran terbesar baru persiapkan untuk mengurangi nominal pengeluaran di daftar tersebut.

2. Menabung berdasarkan nominal uang yang Anda tetapkan misalnya 10 ribu - 50 ribu.

Susah memang menabung karena godaan untuk membelanjakan uang untuk hal yang gak begitu penting. Menabung dengan menetapkan nominal uang tertentu bisa jadi cara yang tepat untuk ibu rumah tangga. Mulai sekarang tetapkan nominal uang yang akan otomatis masuk ke tabungan, setiap bertemu uang 10 ribu langsung menabungnya.

3. Belanja sesuai kebutuhan

Belanjakan penghasilan anda sesuai dengan kebutuhan anda, jangan menjadi ibu rumah tangga yang "konsumtif", melatih diri untuk bijaksana dan mengatur pengeluaran anda akan menyelamatkan kehidupan finansial Anda dan keluarga.

4. Toples koin

Jangan sepelekan koin, saat berbelanja kita sering mendapatkan kembalian dalam bentuk koin, jangan sepelekan uang koin tersebut. Meskipun nilainya kecil, namun apabila terus dikumpulkan jumlahnya akan menjadi besar. Koin-koin dapat ditukarkan ke Bank Indonesia untuk mendapatkan pecahan uang yang nominalnya lebih besar.

5. Niat dan tekad

Pastikan Anda mempunyai niat dan tekad untuk berhemat dan menanbung. Jadi, bisa atau tidaknya seseorang untuk berhemat dan menabung itu tergantung kepada dirinya sendiri.

Itulah 5 cara jitu menabung untuk ibu rumah tangga, semoga cara-cara di atas bisa memberikan inspirasi untuk ibu rumah tangga, selamat mencoba.

  
 



Back to Top

KOMENTAR ANDA