Hidangan Tahun Baru Khas Korea

artikel image
Sikhye
Hidangan Sambut Tahun Baru Khas Korea
RTV.CO.ID | Oleh: Amazia Regina, 29 December 2015, 16:40 WIB

Hari terakhir bulan 12 kalender korea dinamakan seotdal geumeum dan malam sebelum tahun baru dinamakan jeya atau jeseok. Pada jeseok, rumah tangga sibuk mempersiapkan tahun baru sampai tengah malam dan saling memberi hadiah akhir tahun berupa makanan dan minuman yang enak-enak kepada kerabat. Tradisi ini dinamakan sechan atau hadiah makanan. Bagi orang Korea, makanan adalah sarana penting untuk saling berbagi Jeong yang berarti kasih sayang, cinta, atau keakraban. 

Bulan Desember di Korea Selatan sudah memasuki musim dingin, saat musim dingin ada berbagai macam makanan lezat yang biasa disantap warga Korea, mulai dari jajanan modern hingga makanan tradisional yang sudah dikonsumsi warga Korea sejak zaman dahulu. Kali ini kita akan melihat beberapa makanan tradisional yang biasa disantap saat memasuki tahun baru.

Ogokbap

Ogokbap adalah makanan khas dari Festival Jeongwol Daeboreum (bulan purnama pertama), yang berupa nasi putih yang dicampur dengan lima jenis biji-bijian seperti : beras ketan, ketan millet, kacang merah, ketan kaoliang, dan kacang hitam. Jenis biji-bijian yang digunakan biasanya berbeda disetiap daerah tergantung tradisi setempat. Menyantap hidangan ini bagi warga Korea berarti memberikan harapan keberuntungan yang baik di tahun mendatang.

Gimjang Kimchi

Kimchi adalah makanan tradisional yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari rakyat Korea. Saat musim dingin warga Korea memiliki tradisi membuat kimchi bersama-sama dan menyimpannya untuk persediaan musim dingin yang disebut “Gimjang Kimchi”. Pada masa lalu gimjang kimchi adalah satu-satunya sayuran yang tersedia selama musim dingin. Hingga saat ini tradisi ini masih dipertahankan oleh warga Korea.

Tteok

Tteok adalah kue asal korea yang dibuat dari serealia terutama beras atau ketan. Bahan dan cara pembuatan berbeda-beda menurut wilayahnya di Korea. Tteok juga dibuat sebagai kue yang rasanya manis dalam berbagai variasi rasa untuk hari-hari perayaan musim, termasuk perayaan tahun baru korea.

Seolleongtang 

Seolleongtang terbuat dari sup kaldu tulang sapi dan berbagai bagian lain seperti kaki, kepala, rusuk, dan usus yang direbus dalam waktu lama sehingga warnanya menjadi putih susu. Cara memasak ini membuat seolleongtang kaya akan sumber protein dan kalsium.

Sikhye

Sikhye adalah jenis minuman khas Korea yang terbuat dari nasi yang difermentasikan dengan tepung ragi. Minuman ini disajikan sebagai minuman ringan dan bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan

  
 



Back to Top

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA