Awas, Komputer Berdampak Buruk Bagi Anak

artikel image
Anak-anak sedang bermain komputer tablet (Foto: wordpress)
Komputer tablet memiliki dampak sama seperti televisi
RTV.CO.ID | Oleh: Rohimat Nurbaya, 02 February 2015, 21:00 WIB

Hasil penelitian para ahli di Universitas Boston, Amerika Serikat yang dimuat dalam jurnal di Pediatrics mengatakan perangkat bergerak seperti tablet bisa dimanfaatkan untuk membantu proses belajar. Namun, di sisi lain juga bisa berdampak buruk terhadap perkembangan sosial dan emosional anak.

Seperti dikutip BBC edisi Senin 2 Februari 2014, peneliti di fakultas kedokteran Universitas Boston, Jenny Radesky mengatakan penelitian yang dilakukannya  menunjukkan bahwa menonton TV terlalu banyak berpengaruh negatif terhadap kemampuan sosial dan bahasa anak.

Kata dia, komputer tablet juga mempunyai efek yang sama karena anak menjadi lebih sedikit untuk berinteraksi dengan orang lain "Apabila perangkat ini sering dipakai untuk menenangkan anak, apakah anak tersebut pada akhirnya bisa belajar atau punya mekanisme untuk mengatur emosi?" katanya.

Para peneliti juga mempertanyakan apakah penggunakan tablet atau ponsel pintar secara berlebihan pada anak bisa berpengaruh terhadap perkembangan empati, kemampuan sosial, dan kemampuan memecahkan masalah, yang biasanya didapat oleh anak melalui eksplorasi, bermain, dan berinterasi dengan anak-anak lain.

  
 



Back to Top

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA