Tips Memilih Dongeng Yang Baik Untuk Si Kecil

artikel image
Orang Tua Membacakan Dongeng Untuk Anaknya
Selain Menyenangkan Buat Si Kecil, Dongeng Juga Memiliki Berbagai Manfaat
RTV.CO.ID | Oleh: Bill CK, 08 October 2015, 17:05 WIB

Salah satu hal yang disukai si kecil adalah dongeng atau cerita sebelum tidur, anak akan merasa bahagia jika orang tua baik ayah maupun ibu akan membacakan dongeng untuknya sebelum tidur.

Selain menyenangkan bagi si kecil, dongeng juga memiliki berbagai macam manfaat yang sangat baik untuk anak. Sepeti, mengasah perkembangan bahasanya, daya ingat, menanamkan kebiasaan membaca, hingga meningkatkan kemampuan emosional dan sosialnya.

Namun dalam memilih buku dongeng yang baik hal apa sih yang harus diperhatikan? Ini Dia!

Pilih cerita yang sesuai

Dongeng yang mengandung cerita aksi dan latar yang “gelap” tentu tidak akan sesuai untuk batita. Pilih cerita yang berakhir bahagia dan tidak terlalu banyak teka-teki di dalamnya, sehingga si Kecil tidak akan kebingungan saat berusaha mencerna dan  menyusun pola dalam cerita.

Improvisasi

Ibu bisa memilih dongeng dengan alur cerita yang bisa diimprovisasi. Hal ini berguna untuk membuat variasi jika sekiranya si Kecil telah menunjukkan tanda-tanda kebosanan. Improvisasi ini juga dapat memudahkan kita mengajak ia terlibat dalam cerita.

Misalnya, mengganti nama tokoh utama dengan nama si Kecil. Dengan demikian, ia akan merasa lebih terikat dengan cerita dan lebih mudah untuk menyerap setiap pesan di dalamnya.

Pilih buku yang memiliki ilustrasi dan warna indah

Perpaduan ilustrasi dan warna-warna yang indah dapat membuat si Kecil mudah memusatkan perhatian. Warna-warni setiap lembar buku dongeng akan senantiasa memanjakan matanya, sehingga ia tidak mudah bosan selama Ibu membacakan cerita.

Tentu saja hal terpenting adalah hubungan yang dihasilkan oleh orang tua dan anak ketika proses membaca dongeng dan juga dalam keseharian.

  
 



Back to Top

KOMENTAR ANDA