Gunakan Kalimat Positif Untuk Mendidik Anak

artikel image
menasehati anak
Usahakan juga kita sebagai orang tua ketika menegur untuk menghidari kata “jangan” karna kata tersebut secara psikologi akan membuat anak akan melakukan hal tersebut
RTV.CO.ID | Oleh: Kevin Jassman, 27 November 2015, 17:26 WIB

Sudah menjadi hal yang biasa jika perilaku tidak sesuai dengan keingin kita sebagai orang tuanya. Ingin tahu cara mengatasi anak yang tidak dispin? Cara dengan menegur anak degan dengan tegas dan jelas tanpa menggunakan kata-kata yang negatif karna kata-kata-kata tersebut dapat mempengaruhi psikologi anak.

Perhatikan juga kata-kata yang diucapkan harus jelas kepada anak agar si buah hati tidak salah menafsirkannya.

Sebagai contoh pada anak yang menumpahkan air. “ sayang kok tumpah airnya” kata sayang tersebut menjadi ambigu karna kata sayang sering diucapkan pada anak yang menandakah kasih sayang.

Semakin anak menadapatkan label negatif dari orang tuanya akan membuat anak menjadi kurang percaya diri dan mengulang kesalahannya.

Usahakan juga kita sebagai orang tua ketika menegur untuk menghidari kata “jangan” karna kata tersebut secara psikologi akan membuat anak akan melakukan hal tersebut. Sebagai contoh “jangan main kesana yah nak” kata jangan tersebut akan membuat si anak menjadi penasaran yang nantinya akan membuat anak melanggar perintah tersebut.

Oleh karna itu emosi kita sebagai orang tua harus bisa dikendalikan sebelum mengucapkan kata-kata kepada anak. Memang sebagai orang tua terkadang kita sulit mengendalikan emosi disaat lelah pulang kerja atau sedang memiliki masalah. 

Tariklah nafas atau memgang benda yang ada disekitar, saat kita bisa merasakn benda tersebut, emosi akan lebih stabil dan logika mulai berjalan

Dekatkan diri dengan anak juga dapat memberikan komentar positif ke anak, berikan pujian kepada anak ketika anak melakukan sesuatu agar anak menjadi senang dan itu bagus untuk psikologi anak

  
 



Back to Top

KOMENTAR ANDA