Ajak Anak Berwisata Edukasi di Jakarta

artikel image
baca buku di museum
mengajak anak untuk berwisata edukasi, museum dapat menjadi pilihan yang tepat.
RTV.CO.ID | Oleh: Amazia Regina, 28 December 2015, 14:20 WIB

Jika ingin mengajak anak untuk berwisata edukasi, museum dapat menjadi pilihan yang sangat tepat. Dengan mengunjungi museum, anak dapat mengetahui perjalanan sejarah suatu bidang. Berikut adalah lima museum di Jakarta yang dapat dikunjungi di hari libur panjang dengan keluarga.

Museum Bahari

Jika ingin melihat koleksi benda-benda yang terkait dengan kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke, datanglah ke Museum Bahari. Di museum menyimpan koleksi-koleksi seperti jangkar, teropong, koleksi perahu asli, dan juga miniatur. Museum bersejarah ini berlokasi di seberang Pelabuhan Sunda Kelapa di Jalan Pasar Ikan Jakarta Utara, menghadap ke Teluk Jakarta. 

Museum Bahari di buka mulai hari Selasa sampai Minggu dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Sementara hari Senin, museum tutup. Cukup membayar Rp 2.000 untuk dapat memasuki museum yang terletak di utara Jakarta ini.          

Museum Tekstil

Obyek wisata museum lain yanng dapat dikunjungi adalah Museum Tekstil. Museum tersebut memiliki dokumentasi kekayaan dan ragam kain tradisional Nusantara seperti batik, kain tenun, peralatan pembuat batik, dan koleksi-koleksi lain. Museum ini terletak tak jauh dari Pasar Tanah Abang, tepatnya di Jalan Aipda K.S Tubun Nomor 2-4, Jakarta Pusat.

Museum Tekstil mulai dari hari Selasa hingga Minggu pukul 09.00 - 15.00 WIB. Sementara hari Senin dan hari besar tutup. Untuk tiket, wisatawan dewasa akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000, sementara anak-anak, Rp 2.000.

Museum Nasional

Museum ini terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta atau berada di sebelah barat dari Tugu Monas (Monumen Nasional). Museum ini memiliki koleksi benda-benda prasejarah dengan tujuh jenis yaitu prasejarah, arkeologi, keramik, numismtik-heraldik, sejarah, etnografi dan geografi. 

Museum Nasional buka mulai hari Selasa-Jumat dari 08.00-16.00 WIB, Sabtu-Minggu dari 08.00-17.00 WIB, dan hari Senin/hari besar nasional, tutup. Untuk dapat memasuki museum, wisatawan dikenakan biaya yaitu dewasa Rp 5.000, anak-anak Rp 2.000, sementara wisatawan asing Rp 10.000.

Museum Art Mon Decor, Jakarta Utara

Mungkin, tak banyak traveler yang tahu Museum Art Mon Decor. Museum ini berada di Jl Rajawali Selatan Raya No 3, Kemayoran, Jakarta Utara dengan tiket masuk gratis.

Sama seperti Museum Basoeki Abdullah, Museum Art Mon Decor juga menampilkan berbagai karya seni lukis. Bedanya, karya seni yang dipajang di sana sesuai tema yang ruuin berganti tiga bulan sekali. Beberapa maestro lukis pernah memamerkan karyanya di sana, seperti Affandi, Sunaryo, dan Srihadi Soedarsono.

Museum Katedral

Tidak asing lagi anda pasti tahu Gereja Katedral di Jl Katedral No 7 B Pasar Baru, Jakarta Pusat. Tapi, tahukah Anda bahwa ada museum di dalamnya?

Ya, di dalam gereja tersebut terdapat Museum Katedral. Museum ini menyimpan berbagai benda-benda bersejarah milik gereja yang sudah berumur dua abad lebih. Ada buku Baptis tahun 1811, Patung Bunda Maria berkonde yang diapit oleh sepasang pria wanita Jawa yang sedang menyembah berumur 80 tahun lebih, hingga tongkat hadiah pemberian dari Paus Paulus VI pada tanggal 3-4 Desember 1970.

Beragam benda-benda bersejarah di Gereja Katedral tersimpan dengan rapi. Museum ini buka tiap hari Senin, Rabu dan Jumat, dari pukul 10.00-12.00 WIB.

  
 



Back to Top

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA