Ini Alasan Kenapa Anak Harus Main Di Luar Tanpa Gadget

artikel image
kids on playground
Ini Alasan Kenapa Anak Harus Main Di Luar Tanpa Gadget
RTV.CO.ID | Oleh: Amazia Regina, 06 January 2016, 15:18 WIB

Kini tak sedikit orang tua yang menjadikan gadget sebagai cara untuk menenangkan anak-anak mereka, sebagai sarana hiburan. Namun, tak banyak orang tua menyadari bahaya yang mengintai anak akibat aktivitas berlebihan menggunakan gadget.

Para ahli menyarankan agar orang tua mengurangi akses anak dengan gadget. Sebab, terlalu banyak berinteraksi dengan gadget membawa pengaruh buruk bagi tumbuh kembang anak. Berikut ini efek buruk penggunaan gadget terhadap anak :

Radiasi

Menurut laporan dari WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) pada 2011, ponsel dan perangkat nirkabel lainnya masuk dalam kategori 2B karena risiko emisi radiasi yang dihasilkannya. Pada Desember 2013, Dr. Anthony Miller dari University of Toronto School of Public Health mengungkapkan bahwa paparan frekuensi radio merupakan ancaman nyata bagi anak-anak.

Penelitian yang dilakukan Universitas Leeds di Nottingham dan Universitas Manchester and Institute of Cancer Research di London, Inggris, menyatakan bahwa syaraf anak masih berkembang dan tengkorak tipis membuat anak rentan terserang radiasi dari ponsel. Penggunaan telepon genggam di dekat kepala anak dikhawatirkan akan menghancurkan sel otak balita.

Merusak penglihatan

Kontak yang terlalu lama di layar komputer dapat merusak mata. Para ahli mengatakan, penglihatan yang baik diperoleh jika menatap benda dari jarak yang bervariasi. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang kecanduan bermain game komputer lebih mungkin mengalami gangguan pada mata mereka.

Temperamental

Coba sesekali perhatikan perilaku anak yang berinteraksi dengan gadget berjam-jam lamanya. Apakah anak Anda menjadi agresif? Sikap agresif dan tantrum merupakan akibat dari paparan gadget. Saat mereka tumbuh dewasa, anak-anak yang kecanduan game lebih mungkin untuk tidak mematuhi orang tuanya.

Mengurangi kemampuan interaksi sosial

Dengan tablet, anak bisa bermain seorang sendiri. Dr Gary Small mengatakan anak-anak yang menghabiskan terlalu banyak waktu dengan teknologi, akan mengurangi interaksi dan mengganggu keterampilan komunikasi.

Kurang minat bermain di alam terbuka

Gadget 'membunuh' perkembangan anak. Sudah seharusnya anak keluar rumah, berjalan di taman, dan bersosialisasi dengan anak-anak lain. Bukan hanya tinggal di rumah dan bermain dengan gadget. Beberapa orang tua tidak menyadari bahwa anak mereka terasing dari alam, tumbuhan, hewan, danau, dan langit. Balita harus mampu melempar bola, melompat, berlari, dan bernyanyi. Intinya, anak harus aktif bergerak untuk merangsang perkembangan saraf motorik.

Dengan mengetahui dampak buruk penggunaan gadget berlebihan pada anak, Anda dapat mengurangi penggunaan gadget mulai dari sekarang. Anak-anak perlu berinteraksi dengan teman sebaya, dengan keluarganya, dan dengan alam.

  
 



Back to Top

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA