Kisah Riatun, Janda Hidupi 3 Anak Lumpuh

artikel image
Riatun dan keluarga saat medapatkan bantuan (Foto: Istimewa)
Penghasilan Riatun rata-rata Rp20 ribu per hari.
RTV.CO.ID | Oleh: Rohimat Nurbaya, 14 May 2015, 06:36 WIB

Riatun, janda 52 tahun yang tinggal di Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo, Pati, Jawa Tengah, hidup di bawah garis kemiskinan. Diapun harus menghidupi tiga anaknya yang menderita kelumpuhan sejak lahir.

Setiap harinya, Riatun hanya berkerja sebagai buruh serabutan di desa tempatnya tinggal, mulai dari pencari kayu bakar, bertani, hingga mencari daun.

Penghasilan yang didapat Riatun hanya Rp20 ribu per hari untuk menghidupi Ahmad Jadi (35), Siti Khoirul Umah (20), dan Siti Murdhiah (13) yang terlahir dengan kondisi lumpuh di kedua kakinya. Kadang-kadang Riatun tidak mendapatkan penghasilan sama sekali selama beberapa hari.   

Mendengar berita tersebut pemerintah memberikan bantuan kepada Riatun dan tiga anaknya yang menderita kelumpuhan di kedua kakinya sejak lahir itu. Bantuan tersebut diberikan langgsung dari Presiden Joko Widodo melalui Staf Kepresidenan.
 
Rabu, 13 Mei 2015, salah satu anggota Staf Kepresidenan Aris Haryadi mengatakan, bantuan yang diberikan kepada berupa uang tunai sebesar Rp20 juta untuk biaya hidup Riatun dan keluarganya. "Bantuan disalurkan melalui bank. Alasannya demi keamanan," kata Aris kepada RTV.co.id.

Aris bercerita, Riatun merupakan sosok wanita yang tangguh dan tidak pernah menyerah untuk keluarga. Kata dia, meski menjalani hidup dengan serba kekurangan tetapi Riatun tidak pernah putus harapan. Dia tetap berusaha dan bekerja keras agar bisa menghidupi anak-anaknya.

"Apabila pada musim panen tiba, Riatun kerap ikut mencari sisa padi rontokan padi," katanya.

Aris mengatakan, melihat kondisi rumah Riatun sangat menghawatirkan sekali, sebab Riatun hanya tinggal di rumah sederhana yang berukuran 6x6 meter saja. "Alasnya pun hanya tanah saja," terangnya.

Aris menambahkan, dengan adanya bantuan tersebut pemerintah berharap ada perubahan dalam hidup Riatun dan keluarganya. Kata dia, rencananya pemerintah tidak hanya akan memberikan bantuan berupa uang saja tapi kebutuhan kesehatan Riatun dan keluarga

  
 



Back to Top

KOMENTAR ANDA