Kecelakan Unik Pembalap GP500

artikel image
Pembalap GP500 Mick Doohan (Foto: pinterest.com)
Gerakan mereka seperti "di-remote".
RTV.CO.ID | Oleh: Rohimat Nurbaya, 09 May 2015, 06:21 WIB

Sebuah kecelakaan unik dalam balapan motor terjadi di Nürburgring, Jerman pada 1990, di mana kedua pembalap seakan satu hati kompak terjatuh. Kecelakaan itu dialami dua pembalap gaek Mick Doohan dan Pierfrancesco Chili.

Ketika diputar ulang memang dua pembalap tersebut jatuhnya bersamaan. Gerakan mereka seperti "di-remote". Insiden tersebut diduga terjadi karena melakukan pengereman secara bersamaan pada sebuah tikungan, sehingga mengakibatkan highside.

Tetapi ketika dilihat pada tayangan ulang gerakan mereka mirip sebuah tarian. Beruntung kedua pembalap tidak mengalami cedera fatal.

Biasanya, highside itu terjadi karena pembalap terlalu dalam menekan pedal rem belakang pada saat menikung, sehingga menyebabkan roda berhenti dan kehilangan traksi atau tarikan. Tidak jarang akibat kejadian ini pembalap terpental ke atas, bahkan beberapa diantaranya mengalami cedera yang fatal.

Selain dua pembalap tersebut, beberapa pembalap hebat yang pernah mengalami insiden tersebut dan mengalami cedera fatal adalah Valentino Rossi ketika kualifikasi di Sirkuit Mugello, Italia pada 2010. Pembalap berjuluk The Doctor itu mengalami patah kaki dan harus absen selama beberapa seri.

Kemudian Jorge Lorenzo mengalami hal serupa pada 2008 saat balapan di Sirkuit Laguna Secca, Amerika Serikat. Karena insiden tersebut tersebut Lorezo juga mengalami patah kaki dan harus absen selama beberapa seri.

Lihat videonya di sini:

  
 



Back to Top

KOMENTAR ANDA