Gantikan Ancelotti, Benitez Tak Sabar Melatih di Madrid

artikel image
Rafael Benitez (Foto: Eurosport)
Kini Benitez tengah menuju ke Spanyol untuk menuntaskan kepindahannya.
RTV.CO.ID | Oleh: Rohimat Nurbaya, 02 June 2015, 07:09 WIB

Rafael Benitez dipastikan mengisi kursi pelatih Real Madrid guna menggantikan Carlo Ancelotti yang didepak dari Santiago Bernabeu. Ancelotti dianggap gagal karena tidak mampu membawa Madrid meraih satu gelar bergengsi pun pada musim ini.

Seperti dikutip AS.com, Senin 1 Juni 2015, Benitez mengaku sudah siap dan tidak sabar lagi menjadi pelatih Madrid. Benitez baru saja mengundurkan diri sebagai pelatih Napoli. Kini Benitez tengah menuju ke Spanyol untuk menuntaskan kepindahannya ke Santiago Bernabeu.

"Saya siap. Saya sudah tidak sabar berada di sana," ujar Benitez. Dia mulai melatih di Napoli sejak 2013 dan pada musim perdananya berhasil mempersembahkan Coppa Italia serta membawa klub finis di posisi tiga.

Rafael Benitez adalah seorang pelatih sepak bola asal Spanyol. Pelatih ini lahir pada 16 April 1960 di Madrid. Benitez memulai karier sepakbolanyanya dengan bermain di akademi Real Madrid. Dia terus menyelesaikan kuliahnya meski juga bermain di klub divisi bawah Liga Spanyol.

Dia bergabung dengan staf kepelatihan Real Madrid pada usia 26 tahun. Bekerja sebagai pelatih tim U-19, cadangan dan asisten manajer tim senior Real Madrid. Kemudian Benitez pindah menjadi manajer Real Valladolid dan Osasuna. Karir kepelatihannya di 2 klub ini terbilang singkat dan kurang berhasil.

Pada tahun 2001, Benitez ditunjuk sebagai pelatih Valencia. Di sini dia berhasil membuktikan sebagai salah satu manajer terbaik di Liga Spanyol dengan memenangkan gelar La Liga di musim 2001-2002. Don Balon dan El Pais menobatkannya sebagai manajer terbaik 2001-2002.

Pada tahun 2004, gelar juara liga kembali diperolehnya ditambah dengan juara piala UEFA. Akan tetapi karena perbedaan pendapatnya dengan direktur klub mengenai investasi klub, dia memutuskan pindah dan menangani Liverpool.

Benitez memulai karier di Liverpool dengan gemilang setelah membawa klub itu menjadi juara Liga Champions pada musim 2004-2005. Pada 2006, dia berhasil membawa Liverpool menjadi juara Piala FA dan menjadi finalis Liga Champions 2007. Tetapi dia masih belum berhasil memberikan gelar juara Liga Inggris dan yang tertinggi yaitu saat menjadi runner-up di musim 2008-2009.

Musim 2010-2011 ia resmi hengkang ke Seri A, untuk melatih Inter Milan yang ditinggalkan Jose Mourinho ke Real Madrid, yang ironisnya adalah salah satu rival Benitez selama karier kepelatihan mereka berdua. Sayang performa Nerazzurri di bawah kendali Benitez gagal meyakinkan petinggi Giuseppe Meazza. Hingga akhirnya ia dipecat pada Desember 2010.

Hampir dua tahun tidak menangani klub, Benitez mendapat angin segar setelah ditunjuk menggantikan manajer Roberto Di Matteo di Chelsea pada November 2012. Setelah mempersembahkan trofi Liga Europa di akhir musim 2012/13 untuk The Blues, Benitez dilepas Chelsea dan diikat kontrak oleh klub Serie A, Napoli pada Mei 2013.

  
 



Back to Top

KOMENTAR ANDA