Rio Selesai Jalani Tes Formula Satu (F1)

artikel image
Pebalap asal Solo, Jateng, tersebut berhasil menyelesaikan 56 putaran pada sesi pagi hari dengan catatan waktu 1:49.593.
RTV.CO.ID | Oleh: Marthin Budi Laksono, 02 December 2015, 19:46 WIB

Pebalap nasional Rio Haryanto telah selesai menjalani tes Formula Satu (F1) bersama tim Manor Merussia di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Cep Goldia, Media Relations Rio Haryanto, dalam surat elektroniknya, Rabu (02/12/2015), menyebutkan pebalap asal Solo, Jateng, tersebut berhasil menyelesaikan 56 putaran pada sesi pagi hari dengan catatan waktu 1:49.593.

Sementara itu pebalap asal Inggris Jordan King yang juga menjalani tes F1 bersama Manor Merussia tersebut menjalani 59 putaran pada sesi sore harinya dengan catatan waktu 1:49.661. Bagi pebalap Inggris berusia 21 tahun ini merupakan kali pertamanya tampil mengemudikan mobil F1.

Rio Haryanto mengatakan, sudah cukup lama sejak terakhir kali dirinya menguji coba mobil Formula 1 bersama Manor juga pada 2012.

"Mobil-mobil sekarang banyak berbeda, terutama berkaitan dengan pengembangan-pengembangan mesin baru, jadi butuh beberapa saat untuk membiasakan diri dengan perubahan-perubahan, khususnya manajemen mesin," ujarnya.

Meski demikian, lanjut dia, sepanjang sesi pagi berjalan dirinya selalu memperbaiki catatan waktu dan tanpa masalah dapat mengikuti program dengan baik.

"Tentu ini merupakan tes Pirelli, sehingga program ditentukan oleh kebutuhan mereka, tapi saya senang dengan tugas yang telah saya laksanakan dan sangat bahagia mendapat kesempatan mengemudikan mobil F1 lagi serta menunjukkan apa yang dapat saya lakukan. Saya ingin berterima kasih kepada Manor untuk kesempatan ini dan semua pihak yang terus mendukung saya," kata Rio Haryanto, seperti dikutip antaranews.com.

Jordan King mengatakan ini mengemudikan mobil F1 adalah pengalaman luar biasa dan dirinya tidak bisa cukup berterima kasih kepada Manor karena telah memberikan kesempatan ini.

Tes ban Pirelli hari ini memiliki fokus spesifik dan dirinya sangat terdorong untuk memanfaatkan kesempataan ini untuk menunjukkan kapabilitas perkembangan dirinya sekaligus potensi untuk masa yang akan datang.

"Kami menjalani hari bebas masalah, sehingga saya bisa benar-benar mengikuti rencana, dan ini memungkinkan saya untuk membangun rasa percaya diri saya selama sesi sore berjalan. Saya sangat beruntung mengemudikan mobil untuk 59 putaran dan saya senang dengan waktu putaran saya dengan mempertimbangkan semua elemen dari program. Saya tidak sabar untuk melakukannya lagi kapan-kapan," katanya.

Rio Haryanto baru saja menjalani seri terakhir lomba balap mobil GP2 Series 2015 bersama timnya Campos Racing dari Spanyol. Sampai berakhirnya GP2 Series 2015 ini, Rio Haryanto menempati posisi keempat dengan total nilai 138 di bawah Sergey Sirtkin (Rapax) nilai 139), Alexander Rossi (Racing Engineering) nilai 181,5, sedangkan posisi pertama ditempati Stoffel Vandoorne (ART Grand Prix) nilai 341,5.

Sedangkan secara tim Rio Haryanto dan Arthur Pic di Campos Racing menempati posisi keempat dengan nilai 198, sedangkan posisi ketiga ditempati DAMS nilai 220, posisi kedua Racing Engineering nilai 241,5, sedangkan posisi pertama ditempati ART Grand Prix dengan nilai 410.

  
 



Back to Top

KOMENTAR ANDA