Profil Igor Akinfeev Rusia

artikel image
RTV.CO.ID | Oleh: Admin, 25 June 2017, 14:20 WIB

Tembok Besar Sbornaya

Tuan rumah Rusia memang kalah dari Portugal lewat gol Cristiano Ronaldo di menit ke-8 pada laga kedua Fase Grup A Piala Konfederasi 2017 yang berlangsung di Otkrytiye Arena Arena, Moskow, Rabu 21 Juni 2017.

Namun, berkat penampilan gemilang Igor Akinfeev dibawah gawang tim berjuluk Sbornaya ini bisa terhindar lebih dari satu gol dalam laga yang disaksikan 42ribu penonton ini. Laga lawan Portugal jadi penampilan ke-100 pria kelahiran 8 April 1986 bersama timnas Rusia. Tak heran jika pelatih Stanislav Cherchesov mempercayainya sebagai kapten tim.

Lahir dan besar di wilayah Vidnoye, Moskow, Akinfeev mengenal sepak bola dari sang ayah. Saat usianya memasuki 4 tahun, Akinfeev sudah menimba ilmu di Akademi Sepak Bola CSKA Moskow.

Pemain yang sejak awal latihan sudah memilihi posisi kiper ini berhasil mengantarkan CSKA Junior menjuarai Russian Junior Championship 2002. Akinfeev naik pangkat ke tim senior dalam usia yang masih sangat muda, 16 tahun. Debut profesional Akinfeev ditandai dengan keberhasilannya menahan tendangan penalti saat CSKA menang atas Krylia Samara 2-0.

Dua tahun berselang, Akinfeev yang sudah menjadi kiper utama membawa CSKA menjuarai Liga Premier Rusia, dan Piala UEFA 2005.  Di Liga Champions musim 2006-2007, Akinfeev mencatat rekor 362 menit tanpa kebobolan sebelum gol pemain sayap FC Porto Potugal, Ricardo Quaresma di matchday kelima fase grup.

Di timnas, pemain yang enam kali mengantar CSKA meraih titel Liga Premier Rusia ini memegang rekor kiper termuda di usia 18 tahun 20 hari dalam sejarah sepak bola Rusia.

Menjadi pilihan ketiga kiper Rusia di Euro 2004 di bawah Sergei Ovchinnikov and Vyacheslav Malafeev, Akinfeev naik jadi pilihan pertama saat babak Kualifikasi Piala Dunia 2006 Zona Eropa. Semifinal Piala Eropa 2008 jadi pencapaian terbaik Akinveef.

Ajang Piala Konfederasi 2017 jadi incaran kiper yang sepanjang kariernya ini hanya membela satu tim saja, CSKA Moskow untuk bisa meraih prestasi yang lebih tinggi dari pencapaian sebelumnya. Apalagi kini Rusia bermain di depan publiknya sendiri, sesuatu yang masih mungkin terjadi. Kita tunggu saja.

 

Saksikan Confederations Cup 2017 melalui jaringan RTV berikut ini:

  
 



Back to Top

KOMENTAR ANDA