Makna 'Kun Fayakun' dalam Surat Yasiin

artikel image
Ustaz Yusuf Mansyur (Foto: Rajawali Televisi)
Ustaz Yusuf Mansyur menjelaskan cara membaca dua ayat tersebut.
RTV.CO.ID | Oleh: Rohimat Nurbaya, 22 May 2015, 07:02 WIB

Acara Mutiara Hati di Rajawali Televisi yang dipandu oleh Ustaz Yusuf Mansyur membahas tentang keutamaan dua ayat Alquran yang cukup populer yakni Quran Surat Yasiin ayat 82-83.

Ayat tersebut menjelaskan tentang kuasa Allah, apabila Allah sudah mengatakan 'kun fayakun' atau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia 'jadilah maka terjadilah' maka semua akan bisa terjadi.

Tafsir dari ayat tersebut menggambarkan bahwa manusia tidak berarti apa-apa di mata Allah. Manusia tidak tahu apa yang akan terjadi padanya. Manusia sehat, kemudian esoknya meninggal atau hancur jadi debu sekali pun tidak ada hal yang tidak mungkin apabila Allah sudah menghendakinya.

Allah mencipta Nabi Adam tanpa ibu dan bapak dengan 'kun fayakun', kemudian Nabi Ibrahim yang dibakar api menyala selama 40 hari tanpa terluka sedikit pun, semuanya kerana 'kun fayakun'. Apabila ayat tersebut diresapi dengan sepenuh hati maka sungguh tidak patut manusia menyombongkan diri karena Allah maha segalanya.

Selain membahas tentang makna dari dua ayat Alquran tersebut, dalam Mutiara Hati kali ini Ustaz Yusuf Mansyur menjelaskan secara gamblang bagaimana cara membaca dua ayat tersebut dengan makhrajul huruf yang benar.

Lihat video selengkapnya di sini:


  
 



Back to Top

KOMENTAR ANDA