VIDEO: Safar To Vietnam, Menyambangi Simbol Keberadaan Islam

artikel image
Safar to Vietnam
Hanoi merupakan destinasi yang sarat sejarah. Termasuk sejarah masuknya Islam.
RTV.CO.ID | Oleh: Dwifantya Aquina, 04 June 2015, 17:20 WIB

Safar bersama Gus Han menuju Vietnam untuk mengeksplorasi budaya, tradisi keseharian dan ciri khas negara yang berjuluk ladang seribu ranjau ini. Tak ketinggalan Gus Han akan mengulik bagaimana dakwah Islam di Hanoi, ibu kota Vietnam.

Hanoi merupakan destinasi yang sarat sejarah. Jika kebanyakan ibu kota negara menyajikan suasana megapolitan, berbeda dengan Hanoi yang memiliki suasana pedesaan di sebuah perkotaan. Itu menyebabkan Hanoi menjadi ibu kota negara paling eksotis di Asia.

Nuansa Hanoi mirip dengan Jakarta di tahun 1960-an. Moda transportasi yang banyak digunakan di kota ini juga relatif sama dengan Jakarta, yakni sepeda motor.

Gus Han menuju ke masjid Al Noor, satu-satunya masjid yang berada di utara Vietnam. Sekaligus merupakan simbol keberadaan muslim di negara Asia yang berhaluan atheis ini. Masjid ini terletak cukup terpencil di antara kota tua Hanoi.

Masjid ini berdiri pada 1930, dimana kala itu menjadi pusat penyebaran agama Islam di Vietnam.

Seperti apa perjalanan Gus Han di Hanoi untuk menilik lebih jauh tentang penyebaran Islam di Vietnam? Lihat videonya di tautan ini.

  
 



Back to Top

KOMENTAR ANDA